Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru dan Terlengkap 2019

3
399
Bimtek-Aset-daerah-dan-Keuangan
Bimtek Aset daerah dan Keuangan

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Terbaru dan Terlengkap

PUSDIKLAT PEMENDAGRI

Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri – Halo sobat yang baik hati dimanapun kalian berada, pada kali ini saya akan mengulas tentang pentingnya sebuah pelatihan dalam dunia kerja terutama pada instansi pemerintah yang sistem kinerjanya sesuai dengan aturan yang berlaku, jika tidak dapat bekerja sesui instruksi maka pekerjaan akan terganggu, sehingga saya menulis artikel tentang “Info Bimtek dan kursus imacros

Ada beberapa contoh kasus yang akan saya paparkan dalam artikel ini, waktu lalu acara pemilihan umum memang sudah diselenggarakan oleh pemerintah pada bulan april tanggal 17 tahun 2019, yaitu penyelenggaraan pemilu serentak di seluruh indonesia, namun pada hari ini ada beberapa tragedi yang sangat tragis pasalnya dalam penyelenggaraan ada beberapa korban berjatuhan yang meninggal dunia pasca menjadi Anggota penyelenggara pemungutan suara, memang saya sendiri tidak mengikuti Bimbingan teknis, hanya beberapa perwakilan dari anggotanya yang mengikuti bimtek tersebut.

pada kenyataannya dilapangan memang berbeda dengan teori atau pemaparan yang dijelaskan pada saat bimtek, secara teknis memang melelahkan apalagi pada saat penghitungan suara dimulai, serasa badan ini terus dipaksa untuk bekerja, baik untuk pemungutan suara presiden, DPRI, DPR, DPD dan DPRD yang membutuhkan waktu lumayan lama, untuk istirahat pun bergantian dalam jeda waktu 10 menit setiap anggotanya, itupun hanya makan dan sholat saja, padahal saya menjadi anggota pemungutan suara di kalangan bawah yaitu di pedesaan yang terdiri dari 9 TPS (tempat pemungutan suara), dari tim saya memang paling banyak pemilihnya yaitu 258 daftar pemilih, namun yang tidak hadir sekitar 44 pemilih, karena daftar pemilih tetap tidak berada di desa, melainkan sedang di luar atau merantau.

Mengawali pemungutan suara dan mengambil sumpah janji pas waktu pukul 7.00, sebelumnya memang melakukan “gladih resik” untuk persiapan pembuatan tenda dan perlengkapan lainnya, mungkin bagi anak muda seperti saya masih kuat, namun bagi yang sudah lanjut usia, saya rasa sangat menguras tenaga dan pikiran mengingat pekerjaan ini dituntut pada percepatan, pasalnya perhitungan terakhir harus jam 6 pagi pada tanggal 18 april 2019, saya sendiri juga merasakan lelah yang amat sangat, melihat para saksi dari para kader politik yang menjadi pekerjaan itu terburu-buru, kadang juga ada para saksi ini meminjam alat tulis ketika perhitungan dimulai, seperti halnya pada saat merekap administrasi C1, pada saat itu saya dan teman saya merekap sebanyak 9 salinan untuk para saksi dan 3 untuk pengawas dan pendamping laporan ke TPU kecamatan. saya pikir untuk administrasi rekapan hanya cukup satu rekapan saja yang ditandatangani oleh para saksi dan anggota KPPS, dan untuk salinannya bisa discanner sehingga bisa mengefektivitaskan pekerjaan, namun ternyata menurut mandat dari atas harus ditulis sama persis dengan rekapan asli yang berhologram, betapa kagetnya hati ini mendengar aturan itu, padahal pada saat bimtek boleh dilakukan scanner, pas pukul 3 pagi untuk rekapan C1 hampir selesai, pas kebetulan anggota perwakilan KPU dari kecamatan datang sehingga terjadi kepanikan pasalnya belum selesai secara total, belum lagi mengelompokan sampul antara surat suara yang sah dan tidak sah, begitupun surat suara yang tidak digunakan harus benar-benar dihitung secara detail, dan perlengkapan lainnya juga harus sesuai dengan blangkonya masing-masing.

baca juga:

tutorial dan fungsi imacros terbaru
pembicara internet marketing
pengertian pakar dan ahli seo di indonesia

yang bikin kesel lagi yaitu mendatangani lagi berita acara, pada setiap kotak suara. sehingga sempat kesal juga ada teman yang sudah tertidur padahal butuh tanda tanganya, namun dengan singkatnya waktu dan hari mulai pagi jam sudah menunjukan pada pukul 5 pagi, saya sholat dan berkemas-kemas menyetorkan kotak suara di balai desa, namun pas sudah di kontrol oleh petugas di balai desa ternyata ada kekurangan berita acara, sehingga dalam keadaan capek dan lungrah, lesu membuat berita acara tersebut meskipun agak terpaksa, efek bergadang dan bekerja selama 24 jam full.

Dan pada kejadian diatas alhamdulillah para anggota KPPS tidak ada korban yang berjatuhan karena saling legowo dan tidak saling menekan satu  sama lain sehingga kebersamaan terus tetap terjaga, susah dan mudah dilakukan secara bersama-sama, serta saling menutupi kekurangan lainnya, jika ada para saksi yang menekan maka anggota lainnya menegurnya. memang tidak ada pada buku panduan, namun ini sebuah alternatif untuk dapat menjaga toleransi satu sama lain, dan apapun masalahnya bisa dikoordinasikan sehingga dapat diselesaikan pada saat itu juga, tanpa harus mencuat ke pusat apalagi ke media sosial, karena kami sadar tugas yang diemban merupakan kerahasiaan negara, inilah pentingnya bersatu padu untuk menjaga NKRI tetap bersatu tanpa ada perselisihan.

jika ada beberapa orang disana yang membuat kerusuhan dan keonaran ataupun saling menghasut itu sebenarnya bukan salah pada pemerintah melainkan doktrin yang dimasukan ke otak mereka supaya membenci satu sama lain, dan membenarkan atas pendapatnya masing-masing, tanpa melihat siapa berbicara karena tingginya sebuah kepentingan sehingga melupakan arti atau makna persaudaraan dan kesatuan indonesia.

tidak bisa dipungkiri memang, dari masa orde lama sampai orde baru dalam melakukan pemilu pasti ada saja huru hara yang dilontarkan ke publik, dan dalam era digitalilasi sangat mudah merasuki mental seseorang melalu pemberitaan yang tidak valid, sehingga masyarakat mudah percaya dan terjadi simpang siur informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan, sehingga tugas daripada pemerintah untuk meluruskan pemberitaan melalui klarifikasi secara total, jangan sampai informasi pemberitaan sepenuhnya dikuasai oleh media cetak untuk kepentingan meraup keuntungan mendapatkan pendapatan secara masif.

maka dari itu dari hal yang terjadi diatas perlu diantisipasi dengan Bimtek terutama pada petugas pemerintah sehingga dapat ikut andil dalam penyelenggaraan apapun kegiatannya, sehingga kekuksesan daripada kinerja pemerintah berada pada tingkat SDM yang mumpuni.

Terdapat lima hal, pemerintah mengalokasikan 20 % aturan buat pendidikan, meningkatkan kualitas guru, manajemen sekolah serta proses belajar mengajar siswa, pendidikan vokasi buat menghadapi revolusi industri 4.0, teknologi isu, dan partisipasi sektor swasta.

Sampai ketika ini diakui atau tidak manajemen sistem kepegawaian kita belum menggembirakan mulai berasal sistem pengadministrasian, renumerasi, perekrutan hingga pelatihan dan pengembangan pegawai nampak sekali banyak kelemahannya. Keruwetan penerimaan CPNS oleh sebagian kalangan dicermati bentuk refleksi ketidaksiapan serta kekurang profesionalan panitia daerah. pemda sebagai ketua penyeleksian sekaligus penentu lulus tidaknya pelamar terlihat kurang memuaskan pada melaksanakan fungsinya, terutama tatkala terjadi revisi pengumuman akibat seleksi. Demikian pula Pemkab/ Pemerintah Kota menjadi pelaksana teknis lapangan jua masih belum menunjukkan hasil maksimal pada beberapa wilayah, khususnya saat registrasi serta aplikasi tes.

Pengaruh pegawai yang profesional serta kompeten pada pemerintahan wilayah artinya faktor yang paling krusial dalam penentuan kapasitas suatu institusi pemerintah, disamping faktor-faktor kapasitas lain mirip : sistem, teknologi, gosip serta perangkat pendukung organisasi lainnya. menurut Syahroni (2001) Kapasitas – dalam arti kapasitas instansi pemerintah – diartikan bukan ialah sesuatu yang tidak aktif, melainkan wajib ditempatkan di pada suatu konteks yg dinamis dengan syarat-syarat kerangka (framework conditions) yang berubah.

Berdasarkan pengertian di atas, kapasitas birokrasi pemerintahan daerah, wajib selalu dikembangkan sinkron dengan perkembangan paradigma, sistem serta manajemen perencanaan pembangunan yang terjadi baik pada lingkup global, nasional dan lokal. pada hal ini perubahan dan perkembangan yg perlu dipertimbangkan dalam menentukan kapasitas suatu pemeintahan daerah, antara lain : UU No. 32 perihal pemerintahan wilayah, UU No. 25 tentang perimbangan keuangan sentra dan daaerah, dan UU No. 43 wacana pokok-pokok kepegawaian, serta peraturan turunannya.

Maka dari itu dari permasalahan diatas, pemerintah menyelenggarakan pelatihan khusus untuk pegawai dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang berkualitas.

Lalu pelatihan apa yang diadakan oleh pemerintah?

Program yang diselenggarakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM  yaitu melalui program Pusdiklat Pemendagri atau Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri, pelatihan ini yang bias disebut juga bimtek atau bimbingan teknis. Pusdiklat Pemendagri  bergerak dibidang In House training dan Seminar Pendidikan serta pembinaan (Diklat), Workshop, Bimbingan Teknis (Bimtek)  seperti Bimtek keuangan, Bimtek Kepegawaian dan Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Pengadaan barang dan jasa pemerintah bagi instansi pemerintah, Study Banding/kajian studi,  baik Eksekutif, Legislatif juga swasta dengan didukung oleh para professional berasal aneka macam latar belakang disiplin ilmu dan pengalaman dibidangnya masing-masing.

jasa seo

Materi Bimtek antara lain:

  1. Pelatihan DPRD

  2. Desa/Lurah/Camat

  3. Pelatihan Keuangan

  4. Pelatihan Kepegawaian

  5. Pelatihan Barang dan Aset

  6. Pelatihan Pemerintahan

  7. Barang/Jasa Pemerintah

  8. Pelatihan Kearsipan

  9. Kesehatan & Rumah Sakit

  10. Pelatihan Perpajakan

  11. Pelatihan Penanaman Modal

  12. Pelatihan UKM / UMKM

  13. Pelatihan SATPOL PP

  14. Kependudukan & Capil

  15. Perusahaan/BUMD/BUMN

  16. Pelatihan Bidang Hukum

  17. Pelatihan Bidang PKK

  18. Pelatihan Bidang Sosial

  19. Pelatihan Bidang Pariwisata

  20. Pelatihan Bidang Perhubungan

  21. Pelatihan Bidang Tata Ruang

  22. Pelatihan Bidang Olahraga

  23. Pelatihan Imacros Marketing

Untuk jadwal bimtek akan diselanggarakan disetiap bulannya di berbagai kota seperti di  Jakarta, bandung, yogyakarta, Makassar, bali, batam, Lombok, medan, malang, dan semarang.

aktivitas ini diadakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan biaya sebanyak:

Rp. 4.500.000,- (Empat juta Lima ratus ribu rupiah) per Peserta

dengan fasilitas yang di bisa peserta menjadi berikut:

  1. training selama 2 hari / Materi s/d selesai
  2. Peserta Menginap dengan (Twin-Shering)
  3. Seminar Kit serta Tas Ekslusif
  4. Coffee Break, sarapan dan makan malam (Selama kegiatan Berlangsung)
  5. Sertifikat pelatihan/training
  6. Konfirmasi pendaftaran pelatihan Peserta paling lambat H-3

Dan ada beberapa foto kegiatan yang dilakukan oleh Pemendagri di Berbagai Kota antara lain:

Bimtek-Administrasi-Keuangan
Bimtek Administrasi Keuangan
Bimtek-Aset-daerah-dan-Keuangan
Bimtek Aset daerah dan Keuangan
Bimtek-Kesehatan-dan-Rumah-Sakit
Bimtek Kesehatan dan Rumah Sakit

 

kontes seo pusdiklat pemendagriInfo Bimtek Pusdiklat Pemendagri

baca juga :

Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas

Sabun Transparan ADEV Natural

Pengertian Pakar dan Ahli SEO di Indonesia Terbaik

3 COMMENTS

  1. ulasan yang sangant lengkap untuk bimtek pemendagri ini. Sangat tepat bagi yang mencari info, jadwal dan lokasi bimbingan teknis dari pusdiklat pemendagri 2019 ini.

  2. You could certainly see your enthusiasm in the paintings you write. The sector hopes for even more passionate writers such as you who aren’t afraid to say how they believe. At all times go after your heart.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here