Tips Hidup Sehat dan Bahagia Dunia Akhirat

1
95
cara sehat bahagia dunia akhirat

Bagaimana Cara Hidup Sehat dan Bahagia Dunia Akhirat

Background life – Cerita dan Perjalanan hidup nyata yang dialami oleh saudara sekaligus guru saya, semoga dengan coretan artikel ini membawa manfaat serta menambah wawasan bagi pembaca yang baik hati.

Pada suatu ketika saya mendengarkan cerita dari saudara saya ini tentang perjuangan hidup yang dimulai dari nol besar dan hanya modal keyakinan dan keberanian beliau hijrah dari kota asalnya.

pada awal ngobrol saya menanyakan lebih mendalam tentang perjalanan hidupnya hingga sampai saat ini dan dimulailah cerita dari masa kecil hingga saat ini yang sudah menjadi kepala rumah tangga serta dianugerahi 3 anak cowok, mudah-mudahan nambah satu lagi cewe hehee, yuk simak ceritanya..

Hidup Harus Yakin dan Kuat Mental

Hal pertama yang dibahas tentang kehidupan adalah keyakinan diri dan kekuatan mental, karena hal ini sangat mendasar bagi keberhasilan seseorang, kembali ke awal cerita bahwasannya saudara saya ini berasal dari kota medan yang berhijrah ke kota pelajar yaitu jogja, pada mulanya beliau merupakan pelajar yang berprestasi secara akademisi dan dalam hati ingin merubah nasib yang baik, pada saat kelulusan SMA beliau mendaftar ke salah satu perguruan tinggi ternama di jogja yaitu UGM, berbekal hasil ujian dan prestasi akademisi yang baik akhirnya beliau diterima menjadi mahasiswa UGM dengan mengambil kosentrasi kejuruan Kimia murni, sebelum berangkat ke jogja tentunya beliau meminta doa restu kepada kedua orang tuannya supaya dalam perjalanan hidup dan belajar senantiasa diberikan kemudahan serta keberkahan. Setelah mendapat doa restu dan berbekal uang saku secukupnya maka beliau berangkat ke jogja dan ada kendaraan yang diberikan oleh ayahnya sewaktu itu kendaraan Sepeda motor honda astrea.

Persiapan Dan Kesiapan

Kuliah di UGM yang termasuk sekolah perguruan tinggi yang favorit tidaklah menurunkan tekad dan kegigihan dalam belajar, memang teman-teman di kampus banyak orang kaya dan mendapatkan fasilitas dari orang tuanya sehingga kebutuhannya selalu tercukupi, beda ceritanya dengan saudara saya ini, beliau berhasil masuk di kampus UGM bukanlah karena kemampuan finansial atau anak dari konglomerat, namun beliau bisa masuk ke kampus ini karena kemampuan prestasi yang baik dan seringkali menjuarai beberapa lomba seperti lomba catur tingkat nasional, lomba cerdas cermat hingga lomba matematika, dan tentunya ini adalah sumber kekuatan dalam diri bahwasannya beliau memiliki kemampuan diatas rata-rata sehingga beliau mendapatkan beasiswa melalui jalur prestasi. karena beliau sudah melakukan persiapan secara matang dan giat belajar sehingga pada saat kesempatan tiba selalu ada kesiapan untuk mengambil peluang yang cemerlang.

Belajar Wirausaha Awal Belajar Melangkah Sukses

Ditengah-tengah perjalanan belajar, ada sesuatu yang membuat saudara saya ini berfikir dan selalu merenungi, dimana keuangan finansial makin laun makin menipis sehingga berfikir bagaimana caranya untuk hidup dengan uang tambahan, lalu dalam hati ada niat yang kuat untuk memaksimalkan potensi dalam dirinya yaitu membuka jasa privat, pada saat itu yang dikuasai antara lain: bahasa inggris, kimia, matematika, fisika, bahasa arab dan dengan bekal pengetahuan serta ilmu yang dikuasai itu setiap bulannya memberikan les privat kepada anak sekolah SD, SMP dan SMA. dan pada saat itu beliau mengajar sambilan di pondok pesantren di jogja. ketika itu memiliki ide usaha jualan roti dengan sistem titip di salah satu meja atau rak khusus dengan dilampiri tulisan “Bayar disini dan ambil kembalian sendiri, Alloh SWT maha tahu“, namun dengan berjalannya waktu usaha tersebut mengalami kerugian karena hasil yang didapat tidak sebanding dengan penjualan alias ada yang tidak bayar. nah inilah proses belajar selalu ada kegagalan namun tetap saja resep untuk lebih sukses adalah tetap semangat dan memperbaiki kesalahan serta melakukan inovasi.

Menahan Nafsu Untuk Menunda Kesenangan

Setiap orang tentu memiliki ambisi dan nafsu yang amat besar kadangkala tidak disadari bahwasannya nafsu tersebut melemahkan si empunya, dan selalu ingin sesuatu yang diliputi angan-angan, bermimpi sangatlah boleh namun disertai dengan tindakan-tindakan yang nyata, tanpa adanya tindakan rasanya mustahil akan tercapai. kembali ke cerita saudara saya, ditengah kesulitan yang melanda demi bertahan hidup di kota pelajar ini, beliau melakoni puasa yang tidak biasa dilakukan orang biasa, yaitu puasa dawud, dan puasa senin kamis, yah demi bertahan hidup tentunya segala resiko harus dihadapi dan tentu disiasati, dengan berpuasa ini ada 2 hal yang didapat antara lain:pertama, mendapat pahala disisi Alloh SWT, kedua, melakukan penghematan finansial. terkadang makan seadanya berupa nasi dan kecap atau kerupuk, apabila di warung ambil nasi yang banyak dan kuahnya juga banyak tanpa ada lauk, kalaupun ada lauk ya pakai tahu atau tempe sudah cukup. inilah perjuangan dan pahit getirnya hidup yang harus dijalani, karena memang hidup harus dijalani bukan lari-lari dari kenyataan, hehehhe

Menyelaraskan Doa dan Cita-Cita

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here