Pembicara Digital Marketing Strategy

1
78
pembicara digital marketing strategy

Manajemen Digital Marketing

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga yang membaca artikel ini diberikan pengetahuan dan pemahaman yang positif dan nantinya berguna untuk banyak orang serta dimudahkan dalam urusannya dunia dan akhirat, tak lupa semoga diberikan rejeki yang melimpah dan barokah aamiin.

selanjutnya saya akan mengulas tentang pentingnya manajemen digital marketing dalam usaha kita, dan marilah simak pembahasannya, selamat membaca…!

Pengertian manajemen digital marketing

manajemen digital marketing merupakan rangkaian aktivitas yang membuat suatu keputusan yang berkaitan dengan pemasaran secara online yang meliputi: Planning, organizing, actuating dan controlling dalam mencapai sebuah tujuan. (iswanto.com)

Dalam memulai sebuah usaha tentunya tidak pernah lepas dari unsur perencanaan, organisasi, pelaksanaan dan pengendalian sehingga untuk mencapai suatu  tujuan akan lebih terarah dengan jelas. kemudian bagaimana jika manajemen digital marketing ini diaplikasikan dalam era digitalisasi saat ini yang kebanyakan orang belum sepenuhnya mengetahui kondisi yang sebenarnya tentang era millenial. Dalam kesempatan ini perkenankanlah saya membahas sedikit penjelasan tentang bagaimana cara mengaplikasikan metode manajemen digital marketing yang baik.

Ada 4 faktor dalam manajemen digital marketing antara lain:

Planning (perencanaan)

planning digital marketing

Planning atau perencanaan ialah sebuah usaha untuk merumuskan strategi dalam mengambil keputusan untuk mengetahui secara jelas tentang usaha yang akan dijalankan.

sebagai contoh; Ada sebuah kampus A memiliki masalah dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dan dikabarkan banyak mahasiswanya keluar dari kampus tersebut sehingga ini menjadi perhatian khusus oleh pemilik yayasan maupun kemenresdikti, dan kemudian diadakanlah rapat khusus tentang kondisi yang sedang melandanya, sehingga membuat banyak kekhawatiran terhadap pemangku kepentingan. dan dalam rapat tersebut yang dibahas kurang lebih seperti ini:

  • sistem kampus yang masih konvensional
  • pelayanan yang kurang ramah
  • sistem infomasi masih tradisional atau menggunakan papan pengumuman
  • kurangnya update informasi tentang jadwal perkuliahan
  • sistem belajarnya yang monoton
  • mahasiswa diwajibkan memiliki buku sehingga memberatkan mahasiswa yang kurang mampu
  • kurang fleksibelnya sistem pembayaran
  • dalam hal internal, sistem pembukuan keuangan masih konvensional
  • sistem absensi yang kadang ada kecurangan baik yang dilakukan pegawai maupun mahasiswa (titip tanda tangan) dan masih banyak lagi lainnya.

sehingga dari pengurus yayasan mengusulkan untuk merubah sistem manajemen konvesional menjadi sistem manajemen digital marketing dan ada beberapa hal yang berkaitan dengan sistem terbaru ini antara lain:

  • membuat sebuah website yang interface serta mudah digunakan oleh pegawai dan mahasiswa
  • membuat sistem manajemen kedalam website tersebut mulai dari kemahasiswaan, dosen, informasi kampus, keuangan dan absensi dilakukan menggunakan aplikasi ini

inilah rencana perubahan besar untuk menghadapi revolusi industri 4.0 sehingga kesiapan akan menjemput kesempatan yang terjadi adalah keberuntungan, dan dalam sistem yang baru ini diharapkan adanya transparasi antara manajemen kampus, pemerintah dan masyarakat.

dan selanjutnya ialah bagaimana kampus melakukan pemasaran dan strategi apa yang akan digunakan untuk mendapatkan calon mahasiswa, apakah masih menggunakan metode konvensional atau menggunakan sistem digital marketing dan tentunya untuk memenangkan persaingan harus menggunakan sistem digital marketing selain kecepatan informasi juga memangkas biaya dan manajemen kampus dapat melakukan penghematan anggaran serta dalam strategi marketing dapat dilakukan secara otomatis dan menyasar banyak segmen.

Organizing (organisasi)

organizing digital marketing

Organizing ialah sebuah usaha untuk mengumpulkan beberapa anggota untuk melakukan koordinasi satu dengan yang lainnya sehingga menciptakan kerjasama yang baik.

Contoh selanjutnya; ketika manajemen kampus sudah melakukan perencanaan atas perubahan yang dibuat maka langkah berikutnya ialah mengorganisasi para pegawainya untuk dapat bekerja lebih suportif, misalkan saja untuk membuat promosi yang menarik supaya marketingnya berjalan dengan baik maka diperlukan namanya REBRANDING untuk memunculkan program unggulan dari kampus itu sendiri dan melakukan perbaikan baik secara internal maupun eksternal, strateginya antara lain; membuat slogan yang menarik perhatian contoh; “Kampus Revolusi Pengusaha Intelektual“, dalam hal ini hanya memancing minat konsumen sehingga brand image dapat diterima oleh  masyarakat luas, langkah selanjutnya ialah membuat konten corporate profile atau profile kampus yang diantaranya membuat sejumlah informasi yang memuat tentang program unggulan serta fasilitas yang disediakan oleh kampus baik melalui media website maupun video sehingga calon mahasiswa dari luar daerah memahami secara jelas atas program yang ditawarkan oleh kampus dan tak lupa sebagai manajemen kampus yang kredibel maka harus melakukan rekruitmen pegawai dan dosen yang profesional dan mumpuni serta yang paling terpenting adalah bukan hanya jago teori dalam bidang mengajarnya namun juga jago teknikal juga, karena di era millenial saat ini untuk dapat bersaing dalam karir memiliki komposisi 70% praktek dan 30% teori, makanya jangan heran jika banyak alumni dari kampus ternama namun pada saat lulus dan melakukan pekerjaan dilapangan hal yang terjadi adalah kegagapan, dan harus belajar kembali yang berkaitan dengan sistem pekerjaan itu sendiri. maka dari itu perlu diperhatikan dalam menentukan tenaga pengajar karena itu akan menentukan kredibilitas kampus itu sendiri. karena sejatinya kesuksesan bagi seorang guru adalah melahirkan guru lainnya yang lebih sukses. dan tanpa disadari ilmu yang ditransfer ke murid berguna dikemudian hari serta hal yang paling indah yaitu pahala mengalir disetiap waktunya.

Actuating (Pelaksanaan)

actuating digital marketing

Actuating atau pelaksanaan ialah suatu kegiatan yang melakukan tindakan yang nyata dari hasil perencanaan dan organisasi sehingga dari apa yang diputuskan akan terlaksana sesuai harapan.

lanjutan contoh; meskipun sebuah perencanaan yang matang dan organisasi yang bagus tanpa adanya tindakan maka hal yang terjadi adalah kesia-siaan belaka. Dari sekian rencana dan kesiapan SDM nya maka perlu adanya aktualiasasi atas keputusan yang telah dibuat untuk mencapai sasaran, baik pembagian tugas maupun kerjasama antar bagian sehingga kolaborasi yang dibentuk menjadi sebuah kekuatan dalam melakukan perubahan yang lebih baik.

Controlling (pengendalian)

controlling digital marketing

controlling atau pengendalian merupakan salah satu cara untuk mensiasati serta memantau terjadinya kesalahan sehingga kerugian baik secara materi maupun non materi dapat diminimalisir dengan baik.

lanjutan dari contoh; pada akhirnya manajemen kampus sudak melakukan atas keputusan yang dibuat bersama baik dari pemilik yayasan maupun dewan pengurus lainnya sehingga impian yang idamkan terlaksana dengan baik, serta proses belajar dan mengajar pun berjalan dengan baik bahkan untuk sistem keuangan sudah rapih dan lebih transparan berkat trobosan baru yaitu manajemen digital marketing, melalui portal website semua yang berkepentingan dapat mengakses dengan cepat dan lebih fleksibel, inilah kepraktisan di era revolusi industri 4.0 semua terbantu oleh sistem robotik. dan tentunya sebuah aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan maka dari itu perlu yang namanya pengendalian baik secara internal maupun eksternal sehingga keamanan dan kenyaman lebih terjamin.

Ada beberapa Tipe dan karakter pembicara internet marketing di indonesia yang sudah mahir dibidangnya, antara lain:

Berdasarkan Personal Branding yaitu:

  • Pembicara Internet Marketing Agus Piranhamas
  • Pembicara Internet Marketing Biru Daun
  • Pembicara Internet Marketing Isparmo
  • Pembicara Internet Marketing Dosen Jualan
  • Pembicara Internet Marketing Kabul Wahyudi
  • Pembicara Internet Marketing Didik Arwinsyah

Berdasarkan Kota atau Wilayah yaitu:

  • Pembicara Internet Marketing Medan
  • Pembicara Internet Marketing Jogja
  • Pembicara Internet Marketing Kendari
  • Pembicara Internet Marketing Makassar
  • Pembicara Internet Marketing Kudus
  • Pembicara Internet Marketing Jawa Barat
  • Pembicara Internet Marketing Bandung

Berdasarkan Trend Saat ini yaitu:

  • Pembicara Digital Marketing
  • Pembicara Seminar Digital Marketing
  • Pembicara Muda Digital Marketing

Berdasarkan Pengabdian Belajar yaitu:

  • Asisten Pembicara Internet Marketing
  • Asisten Trainer Internet Marketing
  • Asisten Praktisi Internet Marketing
  • Asisten Pakar SEO

Baca Juga: Filosofi SEO Dalam Dunia Nyata

Demikianlah artikel yang dapat saya tulis, apabila ada salah kata memang asalnya dari saya dan jika ada benar itu asalnya dari yang maha benar dan maha mengetahui. Terimakasih sudah membaca sampai selesai semoga tercerahkan.

Salam Sukses

Digital Marketing Revolution 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here