Ikhfa Syafawi

0
79

Huruf Ikhfa Syafawi ada satu saja, dan tidak lebih sebagimana yang ada di jumlah huruf Iqlab. Berikut adalah penjelasa mengenai ikhfa syafawi

Ikhfa Syafawi
Dalam sebuah kamus, tentang pengrtian Ikhfa‘ mempunyai arti samar. Namun bisa juga diartikan dengan cara tertutup. Ini dikarena suara asli Mim Mati yang tidak terdengar jelas ketika bacaan tersebut dihukumi dengan bacaan Ikhfa’. Sebaliknya, yang terdengar atau yang didengar adalah suara samar antara Mim Mati dibaca Izhar & Idghom. Tidak Izhar & tidak Idghom.
Sedangkan, kata Syafawi adalah satu istilah atau yang digunakan untuk tamahan hukum Min Mati Itu karena Syafawi berarti suatu hal yang terkait dengan bibir mulut. Bahkan Mim Mati sendiri adalah huruf yang mempunyai makhraj di bibir. Jadi sehingga, kata Syafawi menjadi sebuwah tanda bahwa hukum yang sedang dibicarakan adalah Mim Mati.

Terus bagaimana dengan pengertian Ikhfa’ Syafawi? Ikhfa’ Syafawi secara pengtahuan adalah Mim Mati ketika terletak di depan Huruf Hijaiyah Ba’. Itu saja. Tidak banyak yang membahas apakah posisi Mim Mati dan Ba’ berada dalam satu kata atau tidak. Tetapi, di dalam kitab Al-Quran nyaris tidak ditemukan hukum Ikhfa’ Syafawi yang ada dalam suatu kata saja.

Huruf Ikhfa Syafawi
Sebagai mana yang telah disebutkan di atas, Huruf Ikhfa Syafawi hanya ada satu saja, yakni adalah Huruf Ba’. Dalam hukum tersebut, Mim Mati yang dijadikan pembahasan utama, yang berhadapan dengan Huruf Ba’. Ke 2 huruf itu memang mempunyai makhraj di bibir, tetapi tidak dierbolehkan kedua huruf tersebut diidghomkan.
Hal tersebut harus menjadi perhatian bagi setiap seseorang yang sedang membaca kitab Al-Quran. yang di tambahkan, terdapat ghunnah sepanjang satu alif ketika sedang membaca Hukum Ikhfa’ Syafawi.
Mang telah, ada sebagian ulama yang tidak memakai ghunnah ketika sedang membaca Ikhfa’ Syafawi, tetapi kebanyakan sebagian besar ulama ahli Tajwid di Mesir, Andalusia, dan Syam menggunakan ghunnah ketika membaca kitab Al-Quran.

Contoh
Contoh sebagi bacaan Ikhfa’ Syafawi disiapkan dalam tabel di bawah ini. Tabel tersebut disempurnakan dengan surat dan ayat. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kita untuk mengetahui dan menelusuri asal-muasal contoh tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here